Kesediaan sebagai
Penilai 1 dalam Penyelenggaraan
PKP
Kepada
Kepala UPBJJ
….…………..
Di ………………………
Yang bertanda tangan di bawah ini,
menerangkan bahwa:
Nama
: ……………………………………
NIP : ……………………………………
Tempat
Mengajar : ……………………………………
Alamat
Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan
PKP atas:
Nama :
……………………………………
NIM :
……………………………………
Program Studi :
……………………………………
Tempat Mengajar : ……………………………………
Alamat Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Demikian agar surat pernyataan ini dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
|
………….., …………… 20....
|
Kepala Sekolah
……………………………...
NIP. ………………….........
No.
Tlp/HP..........................
|
Penilai 1,
………………………….
NIP. …………………....
No.
Tlp/HP......................
|
Kesediaan sebagai
Penilai 2 dalam Penyelenggaraan
PKP
Kepada
Kepala UPBJJ
….…………..
Di ………………………
Yang bertanda tangan di bawah ini,
menerangkan bahwa:
Nama
: ……………………………………
NIP : ……………………………………
Tempat
Mengajar : ……………………………………
Alamat
Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan
PKP atas:
Nama :
……………………………………
NIM :
……………………………………
Program Studi :
……………………………………
Tempat Mengajar : ……………………………………
Alamat Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Demikian agar surat pernyataan ini dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
|
………….., …………… 20....
|
Kepala Sekolah
……………………………...
NIP. ………………….........
No.
Tlp/HP..........................
|
Penilai 2,
………………………….
NIP. …………………....
No.
Tlp/HP......................
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
MATA
PELAJARAN/TEMA
|
:
|
NIM
|
:
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
TEMPAT
MENGAJAR
|
:
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
KELAS
|
:
|
UPBJJ-UT
|
:
|
PETUNJUK
Baca dengan
cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa
ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana
tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
merumuskan
Tujuan/Indikator perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
1.1.
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang
sesuai
dengan kurikulum dan masalah yang
diperbaiki
1.2.
Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan
pem-
belajaran
Rata-rata
butir 1 = A
2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media
(alat bantu
pembelajaran) dan sumber belajar
2.1.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
pembelajaran
2.2.
Mengembangan jaringan tema dan menentukan tema
(khusus untuk pembelajaran tematik)
2.3.
Menentukan dan mengembangkan alat
bantu pembelajaran
2.4.
Memilih sumber belajar
Rata-rata
butir 2 = B
3.
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1.
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/
yang
sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
3.2.
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/
yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)
3.3.
Menentukan alokasi waktu perbaikan
pembelajaran
3.4.
Menentukan cara-cara memotivasi
siswa
3.5.
Menyiapkan pembelajaran
Rata-rata
butir 3 = C
4.
Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran
4.1.
Menentukan penataan ruang dan
fasilitas belajar
4.2.
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar
siswa
dapat
berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
Rata-rata
butir 4 = D
5.
Merencanakan
prosedur, jenis dan menyiapkan alat
Penilaian perbaikan pembelajaran
5.1.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
(khusus untuk pembelajaran tematik
prosedur
penilaian harus dilakukan secara berkala,
berkesinambungan, dan menyeluruh)
5.2.
Membuat alat-alat penilaian dan
kunci jawaban
Rata-rata
butir 5 = E
6.
Tampilan dokumen
rencana perbaikan pembelajaran
6.1.
Kebersihan dan kerapian
6.2.
Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata
butir 6 = F
Mengetahui
Kepala Sekolah,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
…………………………, ……………………. 20 …
Penilai 1 / Penilai 2*,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
*) Lingkari yang sesuai
PGSD disesuaikan kode jurusan
contoh jika bahasa Indonesia diganti PBIN
Tulisan yang di Cetak tebal jika mau dicetak hapus saja
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
MATA
PELAJARAN/TEMA
|
:
|
NIM
|
:
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
TEMPAT
MENGAJAR
|
:
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
KELAS
|
:
|
UPBJJ-UT
|
:
|
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung
2.
Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian berikut
4.
Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan
kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian
yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
5.
Nilailah semua aspek
kemampuan guru
1. Mengelola ruang dan
fasilitas belajar
1 2 3 4
5
1.1.
Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2.
Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata-rata butir 1 = A
2. Melaksanakan kegiatan
perbaikan pembelajaran
2.1.
Memulai pembelajaran
2.2.
Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan,
siswa, situasi dan lingkungan
2.3.
Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang
Sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
2.4.
Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
2.5.
Melaksanakan perbaikan pembelajaran
secara individual,
Kelompok
atau klasikal
2.6.
Mengelola waktu pembelajaran secara
efisien
Rata-rata butir 2 = B
3.
Mengelola interaksi kelas
3.1.
Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan
dengan isi Pembelajaran
3.2.
Menangani pertanyaan dan respon
siswa
3.3.
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat &
gerakan
badan
3.4.
Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
3.5.
Memantapkan penguasaan
materi pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu
mengembangkan
sikap positif siswa
terhadap belajar
4.1.
Menunjukan sikap ramah, luwes,
terbuka, penuh
pengertian dan Sabar kepada siswa
4.2
Menunjukan kegairahan dalam
mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang
sehat
dan serasi
4.4
Membantu siswa menyadari kelebihan
dan kekurangannya
4.5
Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = D
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
perbaikan
Pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1 Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia
5.2
Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi
dan bernalar
5.3
Memberikan latihan keterampilan berbahasa
5.4
Peka terhadap kesalahan penggunaan
istilah teknis
5.5
Memupuk kegemaran membaca
Rata-rata butir 5.a = E
b. Matematika
5.1. Menanamkan konsep matematika melalui metode
bervariasi
Yang sesuai dengan karateristik materi
5.2. Menguasai symbol-simbol matematika
5.3. Memberikan latihan matematika dalam kehidupan
sehari-hari
5.4. Menguasai materi matematika
Rata-rata butir 5.b = E
c.
IPA
5.1. Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui
pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
5.2. Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman
Belajar dengan
berbagai kegiatan
5.3. Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah
Pembelajaran
5.4. Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta repat
dalam
memilih Alat peraga IPA
5.5. Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
5.6. Menampilkan penguasaan IPA
Rata=rata
butir 5.c = E
d.
IPS
5.1. Menerapkan metode
bervariasi dalam pembelajaran IPS
5.2. Menggunakan
media/alat bantu dalam pembelajaran IPS
5.3. Meningkatkan keterlibatan siswa
dalam proses
pembelajaran
IPS
5.4. Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep IPS dalam
pembelajaran IPS
5.5. Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan
sehari-hari
Rata-rata butir 5.d = E
e. PKn
5.1. Menggunakan metode dan alat bantu dalam
pembelajaranPendidikan kewarganegaraan
5.2. Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan
5.3. Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan
konsep dalam pendidikan kewarganegaraan
5.4. Menunjukan penguasaan materi
Pendidikan
Kewarganegaraan
5.5. Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalamkehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5.e = E
f.
Tematik
5.1. Menampilkan
penguasaan Pembelajaran Tematik secara
holistik
5.2. Terampil menggunakan metode dan media pembelajaran
5.3. Mahir
dalam mengaitkan tema dengan kehidupan
sehari-hari
5.4. Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengamatan langsung
5.5. Mengembangkan
kemampuan siswa dalam berbagai
aspek yang terkait dengan
tema
5.6. Menerapkan
konsep dalam kehidupan sehari-hari
Rata=rata butir 5.f =
E
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil
belajar
6.1Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
6.2Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
7. Kesan umum
pelaksanaan pembelajaran
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2
Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3Peka terhadap kesalahan berbahasa
siswa
7.4Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata
butir 7 = G
Mengetahui
Kepala Sekolah,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
…………………………, ……………………. 20 …
Penilai 1 / Penilai 2*,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
*) Lingkari yang sesuai
PGSD disesuaikan kode jurusan
contoh jika bahasa Indonesia diganti PBIN
Tulisan yang di Cetak tebal jika mau dicetak hapus saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar