Kesediaan sebagai
Penilai 1 dalam Penyelenggaraan
PKP
Kepada
Kepala UPBJJ
….…………..
Di ………………………
Yang bertanda tangan di bawah ini,
menerangkan bahwa:
Nama
: ……………………………………
NIP : ……………………………………
Tempat
Mengajar : ……………………………………
Alamat
Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan
PKP atas:
Nama :
……………………………………
NIM :
……………………………………
Program Studi :
……………………………………
Tempat Mengajar : ……………………………………
Alamat Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Demikian agar surat pernyataan ini dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
|
………….., …………… 20....
|
Kepala Sekolah
……………………………...
NIP. ………………….........
No.
Tlp/HP..........................
|
Penilai 1,
………………………….
NIP. …………………....
No.
Tlp/HP......................
|
Kesediaan sebagai
Penilai 2 dalam Penyelenggaraan
PKP
Kepada
Kepala UPBJJ
….…………..
Di ………………………
Yang bertanda tangan di bawah ini,
menerangkan bahwa:
Nama
: ……………………………………
NIP : ……………………………………
Tempat
Mengajar : ……………………………………
Alamat
Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan
PKP atas:
Nama :
……………………………………
NIM :
……………………………………
Program Studi :
……………………………………
Tempat Mengajar : ……………………………………
Alamat Sekolah : ……………………………………
Telepon : ……………………………………
Demikian agar surat pernyataan ini dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,
|
………….., …………… 20....
|
Kepala Sekolah
……………………………...
NIP. ………………….........
No.
Tlp/HP..........................
|
Penilai 2,
………………………….
NIP. …………………....
No.
Tlp/HP......................
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
MATA
PELAJARAN/TEMA
|
:
|
NIM
|
:
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
TEMPAT
MENGAJAR
|
:
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
KELAS
|
:
|
UPBJJ-UT
|
:
|
PETUNJUK
Baca dengan
cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa
ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana
tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
merumuskan
Tujuan/Indikator perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
1.1.




Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang
sesuai





dengan kurikulum dan masalah yang
diperbaiki
1.2.




Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan
pem-





belajaran

2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media
(alat bantu
pembelajaran) dan sumber belajar
2.1.




Mengembangkan dan mengorganisasikan materi





pembelajaran
2.2.




Mengembangan jaringan tema dan menentukan tema





(khusus untuk pembelajaran tematik)
2.3.




Menentukan dan mengembangkan alat
bantu pembelajaran





2.4.




Memilih sumber belajar






3.
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1.




Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/





yang
sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
3.2.




Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/





yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)
3.3.




Menentukan alokasi waktu perbaikan
pembelajaran





3.4.




Menentukan cara-cara memotivasi
siswa





3.5.




Menyiapkan pembelajaran






4.
Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran
4.1.




Menentukan penataan ruang dan
fasilitas belajar





4.2.




Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar
siswa





dapat
berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran

5.
Merencanakan
prosedur, jenis dan menyiapkan alat





5.1.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
(khusus untuk pembelajaran tematik
prosedur
penilaian harus dilakukan secara berkala,

5.2.



Membuat alat-alat penilaian dan
kunci jawaban





6.




Tampilan dokumen
rencana perbaikan pembelajaran





6.1.




Kebersihan dan kerapian





6.2.
Penggunaan bahasa tulis

![]() |
Mengetahui
Kepala Sekolah,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
…………………………, ……………………. 20 …
Penilai 1 / Penilai 2*,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
*) Lingkari yang sesuai
PGSD disesuaikan kode jurusan
contoh jika bahasa Indonesia diganti PBIN
Tulisan yang di Cetak tebal jika mau dicetak hapus saja
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
MATA
PELAJARAN/TEMA
|
:
|
NIM
|
:
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
TEMPAT
MENGAJAR
|
:
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
KELAS
|
:
|
UPBJJ-UT
|
:
|
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung
2.
Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian berikut
4.
Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan
kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian
yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
5.
Nilailah semua aspek
kemampuan guru
1. Mengelola ruang dan
fasilitas belajar
1 2 3 4
5
1.1.




Menata fasilitas dan sumber belajar





1.2.




Melaksanakan tugas rutin kelas






2. Melaksanakan kegiatan
perbaikan pembelajaran
2.1.




Memulai pembelajaran





2.2.




Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan,





siswa, situasi dan lingkungan
2.3.




Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang





Sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
2.4.




Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis





2.5.




Melaksanakan perbaikan pembelajaran
secara individual,





Kelompok
atau klasikal
2.6.




Mengelola waktu pembelajaran secara
efisien






3.
Mengelola interaksi kelas
3.1.




Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan





dengan isi Pembelajaran
3.2.




Menangani pertanyaan dan respon
siswa





3.3.




Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat &
gerakan






3.4.








Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa









3.5.
Memantapkan penguasaan
materi pembelajaran

4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu
mengembangkan
sikap positif siswa
terhadap belajar
4.1.




Menunjukan sikap ramah, luwes,
terbuka, penuh










4.2
Menunjukan kegairahan dalam
mengajar





dan serasi
4.4




Membantu siswa menyadari kelebihan
dan kekurangannya





4.5




Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri






5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
perbaikan
Pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1 



Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia





5.2




Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi










5.3
Memberikan latihan keterampilan berbahasa
5.4




Peka terhadap kesalahan penggunaan
istilah teknis





5.5




Memupuk kegemaran membaca






b. Matematika





bervariasi
Yang sesuai dengan karateristik materi















5.4. Menguasai materi matematika

c.
IPA
5.1. 



Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui





pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
5.2. 



Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman





Belajar dengan
berbagai kegiatan
5.3. 



Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah





Pembelajaran
5.4. 



Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta repat










5.5. Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
5.6. 



Menampilkan penguasaan IPA






d.
IPS
5.1. 



Menerapkan metode
bervariasi dalam pembelajaran IPS





5.2. 



Menggunakan
media/alat bantu dalam pembelajaran IPS





5.3. 



Meningkatkan keterlibatan siswa
dalam proses










5.4. Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep IPS dalam





5.5. Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan
sehari-hari

e. PKn
5.1. 



Menggunakan metode dan alat bantu dalam





pembelajaranPendidikan kewarganegaraan
5.2. 



Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses





pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan
5.3. 



Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan





konsep dalam pendidikan kewarganegaraan
5.4. 



Menunjukan penguasaan materi
Pendidikan





Kewarganegaraan
5.5. 



Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan





dalamkehidupan sehari-hari

f.
Tematik
5.1. 



Menampilkan
penguasaan Pembelajaran Tematik secara





holistik
5.2. 



Terampil menggunakan metode dan media pembelajaran





5.3. 



Mahir
dalam mengaitkan tema dengan kehidupan





sehari-hari
5.4. 



Meningkatkan keterlibatan siswa melalui





pengamatan langsung
5.5. 



Mengembangkan
kemampuan siswa dalam berbagai





aspek yang terkait dengan
tema
5.6. 



Menerapkan
konsep dalam kehidupan sehari-hari






6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil
belajar
6.1



Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran





6.2



Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran






7. 



Kesan umum
pelaksanaan pembelajaran





7.1



Keefektifan proses pembelajaran





7.2



Penggunaan bahasa Indonesia lisan




7.3
Peka terhadap kesalahan berbahasa
siswa

7.4



Penampilan guru dalam pembelajaran






![]() |
Mengetahui
Kepala Sekolah,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
…………………………, ……………………. 20 …
Penilai 1 / Penilai 2*,
…………………………………..
NIP. ……………………………
No. HP. ……………………
|
*) Lingkari yang sesuai
PGSD disesuaikan kode jurusan
contoh jika bahasa Indonesia diganti PBIN
Tulisan yang di Cetak tebal jika mau dicetak hapus saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar