Senin, 10 Agustus 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran MDTA dan Tahfidz



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan          : MDTA Ash Shidiqiyah
Semester /Kelas               : 1/ 1,2,3,4
Waktu                                   : Kelas 1 (60 menit) kelas 2 (60 menit) kelas3 (90 menit),kelas 4 (90 menit)

Kompetensi Inti
Santri mamp memahami,melaksanakana,mengamalkan serta menghayati ajaran agama Islam secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Sesuai dengan mata pelajaran dalam LKS metode tarbiyyati
Tujuan
Seluruh santri dapat melafalkan bacaan Al Quran  secara tartil dan benar sesuai dengan makhroj dan sifat huruf
Setiap santri dapat menjelaskan,menghafalkan materi dalam LKS tarbiyyati
Metode
Baca Simak
Demonstrasi

Kegiatan Pendahuluan
Berdoa dengan membaca doa
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk kelas 1,
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk kelas 2 yang dijilid 1
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa sampai hendak pulang disertai asmaul husna untuk kelas 2 yang dijilid 2
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk kelas sampai hendak pulang disertai asmaul husna dan fasholatan jawa dari niat sholat sampai takbirotulihram dan tahya awal untuk kelas 3
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk kelas sampai hendak pulang disertai asmaul husna dan fasholatan jawa dari niat sholat sampai takbirotulihram dan tahya awal untuk kelas 4
a.     Apersepsi
-         Guru – Siswa memberi salam
-         Mengkondisikan siswa untuk proses belajar mengajar.
-         Mengabsensikehadiran siswa
-         Guru bersama-sama siswa membuka pelajaran dengan lafazh basmalah dan do’a.
b.      Motivasi
-         Pre Test untuk menjajagi pemahaman awal siswa
-         Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan inti
Guru menulis senandung makhraj dipapan tulis sehari dua huruf
Guru membaca santri menirukan bacaan guru, santri duduk ditempat duduk dan guru mendekati santri membaca satu-satu senandung  makhraj
Guru membacakan alat peraga santri menirukan bacaaan guru secara bersama-sama
Santri menulis alat peraga santri dan kemudian guru mendekati santri mendengarkan bacaan jilid tilawati  bagi yang lancar dipindah dengan ketentuan sesuai makhraj
Santri membaca LKS sesuai dengan pelajaran secara bersama-sama, kemudian guru membuat soal sesuai denga materi 5 soal
Penutup
Guru mengevaluasi jawaban santri dan soal di ulang kembali secara lisan
Guru dan santri membaca Al Fatihah dan bacaan hendak pulang“Sikap doa tangan diatas berdoa mulai”
Selesai berdoa santri ucapkan ucapkan salam dan artinya kemudian santri pulang secara beruruttan
Mengetahui                                                                                                        ...................,....................... 2015
Kepala MDTA ..................                                                                            Guru TQ


.........................................                                                                         .......................................


,



















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tahfidzul Quran

Kompetensi Inti Tahfidz
Mencintai Al Qur’an, Mampu melafalkandan menghafal Al Qur’an juz 30 dengan  tartil disertai dengan tajwid dan dapat mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
Membaca Al Fatihah sampai at takatsur secara tartil
Hafal Al Fatihah sampai takatsur secara tartil
Indkator
Santri dapat membaca dengan fasih sesuai makhraj dan tajwid
Santri dapat melafalkan dengan fasih sesuai makhraj dan tajwid
 Tujuan
Santri dapat dengan senang menghafalkan Al Fatihah sampai at takatsur dalam kehidupan sehari-hari

Metode pembelajaran
1.       Tilawah Mandiri
2.       Tahsin Talaqqi
3.       Thafizh Takriron
4.       Demonstrasi
5.       Muroja’ah

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.     Apersepsi
-         Guru – Siswa memberi salam
-         Mengkondisikan siswa untuk proses belajar mengajar.
-         Mengabsensikehadiran siswa
-         Guru bersama-sama siswa membuka pelajaran dengan lafazh basmalah dan do’a.
b.      Motivasi
-         Pre Test untuk menjajagi pemahaman awal siswa
-         Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan materi pembelajaran
2.       Guru mentalaqqi bacaan dan hafalan QS. Al Fatihah ayat 1 - 3
3.       Menghafal QS Al Fatihah secara berjama’ah dengan takriron
4.       Siswa mendemonstrasikan  hafalan QS. Al Fatihah
5.       Guru menyimak dan membenarkan yang belum pas dengan tajwidnya dan memberikan penilaian.
Penutup
1.       Melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran.
2.       Tindak lanjut dengan mengarahkan siswa untuk belajar di rumah mengulang ulang hafalan QS. Al Fatihah
3.       Menutup pelajaran dengan lafaz Al hamdalah dan dilanjutkan dengan do’a penutup secara bersama-sama.

Sumber Belajar
Juz Amma
                Bentuk Penilaian ; Lisan dan  Responsif.
                        Lembar penilaian :
1). Hafalkan QS Al Fatihah ayat 1-3 dengan baik dan benar!

Mengetahui                                                                                                        ...................,....................... 2015
Kepala MDTA ..................                                                                            Guru TQ


.........................................                                                                         .......................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar