Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : MDTA
Ash Shidiqiyah
Semester /Kelas :
1/ 1,2,3,4
Waktu :
Kelas 1 (60 menit) kelas 2 (60 menit) kelas3 (90 menit),kelas 4 (90 menit)
Kompetensi Inti
Santri mamp memahami,melaksanakana,mengamalkan serta menghayati ajaran
agama Islam secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Sesuai dengan mata pelajaran dalam LKS metode tarbiyyati
Tujuan
Seluruh santri dapat melafalkan bacaan Al Quran secara tartil dan benar sesuai dengan makhroj
dan sifat huruf
Setiap santri dapat menjelaskan,menghafalkan materi dalam LKS
tarbiyyati
Metode
Baca Simak
Demonstrasi
Kegiatan Pendahuluan
Berdoa dengan membaca doa
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk
kelas 1,
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk
kelas 2 yang dijilid 1
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa sampai
hendak pulang disertai asmaul husna untuk kelas 2 yang dijilid 2
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk
kelas sampai hendak pulang disertai asmaul husna dan fasholatan jawa dari niat
sholat sampai takbirotulihram dan tahya awal untuk kelas 3
Di dahului dengan berdoa, sikap doa,tangan diatas membaca doa untuk
kelas sampai hendak pulang disertai asmaul husna dan fasholatan jawa dari niat
sholat sampai takbirotulihram dan tahya awal untuk kelas 4
a. Apersepsi
-
Guru – Siswa memberi salam
-
Mengkondisikan siswa untuk
proses belajar mengajar.
-
Mengabsensikehadiran siswa
-
Guru bersama-sama siswa
membuka pelajaran dengan lafazh basmalah dan do’a.
b.
Motivasi
-
Pre Test untuk
menjajagi pemahaman awal siswa
-
Menjelaskan kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan inti
Guru menulis senandung makhraj dipapan tulis sehari dua huruf
Guru membaca santri menirukan bacaan guru, santri duduk ditempat duduk
dan guru mendekati santri membaca satu-satu senandung makhraj
Guru membacakan alat peraga santri menirukan bacaaan guru secara
bersama-sama
Santri menulis alat peraga santri dan kemudian guru mendekati santri
mendengarkan bacaan jilid tilawati bagi
yang lancar dipindah dengan ketentuan sesuai makhraj
Santri membaca LKS sesuai dengan pelajaran secara bersama-sama,
kemudian guru membuat soal sesuai denga materi 5 soal
Penutup
Guru mengevaluasi jawaban santri dan soal di ulang kembali secara
lisan
Guru dan santri membaca Al Fatihah dan bacaan hendak pulang“Sikap doa
tangan diatas berdoa mulai”
Selesai berdoa santri ucapkan ucapkan salam dan artinya kemudian
santri pulang secara beruruttan
Mengetahui ...................,.......................
2015
Kepala MDTA .................. Guru TQ
.........................................
.......................................
,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tahfidzul Quran
Kompetensi Inti Tahfidz
Mencintai Al Qur’an, Mampu melafalkandan menghafal Al Qur’an juz 30
dengan tartil disertai dengan tajwid dan
dapat mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
Membaca Al Fatihah sampai at takatsur secara tartil
Hafal Al Fatihah sampai takatsur secara tartil
Indkator
Santri dapat membaca dengan
fasih sesuai makhraj dan tajwid
Santri dapat melafalkan
dengan fasih sesuai makhraj dan tajwid
Tujuan
Santri dapat dengan senang
menghafalkan Al Fatihah sampai at takatsur dalam kehidupan sehari-hari
Metode pembelajaran
1.
Tilawah Mandiri
2.
Tahsin Talaqqi
3.
Thafizh Takriron
4.
Demonstrasi
5.
Muroja’ah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a. Apersepsi
-
Guru – Siswa memberi salam
-
Mengkondisikan siswa untuk
proses belajar mengajar.
-
Mengabsensikehadiran siswa
-
Guru bersama-sama siswa
membuka pelajaran dengan lafazh basmalah dan do’a.
b.
Motivasi
-
Pre Test untuk
menjajagi pemahaman awal siswa
-
Menjelaskan kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan materi pembelajaran
2.
Guru mentalaqqi bacaan dan hafalan QS. Al Fatihah
ayat 1 - 3
3.
Menghafal QS Al Fatihah secara berjama’ah dengan
takriron
4.
Siswa mendemonstrasikan hafalan QS. Al Fatihah
5.
Guru menyimak dan membenarkan yang belum pas
dengan tajwidnya dan memberikan penilaian.
Penutup
1.
Melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran.
2.
Tindak lanjut dengan mengarahkan siswa untuk
belajar di rumah mengulang ulang hafalan QS. Al Fatihah
3.
Menutup pelajaran dengan lafaz Al hamdalah dan dilanjutkan dengan do’a penutup secara
bersama-sama.
Sumber Belajar
Juz Amma
Bentuk Penilaian ; Lisan
dan Responsif.
Lembar penilaian :
1). Hafalkan QS Al Fatihah ayat 1-3 dengan
baik dan benar!
Mengetahui ...................,.......................
2015
Kepala MDTA .................. Guru TQ
.........................................
.......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar