Selasa, 09 Januari 2018

Mau dibawa kemana anak kita?


DALAM PERSIMPANGAN
Dengan tiak mengurangi rasa hormat untuk pondok pesantren yang telah lama berdiri
Pergaulan yang sudah rusak, HP telah menjadi virus yang berbahaya juga sangat baik untuk generasi jaman sekarang. Melihat perkembangan yang mnegkhawatirkan patut diperhitungkan juga akan dibawa anak-anak kita nanti ditengah arus modernisasi yang makin pesat.
Perkembangan sekolah islam terpadu belum mampu menjawab tantangan teknologi dan informasi, terpisahnya lembaga pendidikan Al Quran (TPQ) dan MDTA menjadi kebingungan tersendiri karena waktu yang hampir bersamaan. Sementara pendidikan formal tuntutan kurikulum KTSP ataupunkurtilas sangat memperihatinkan kita sebagai orang tua apalgi banyak SD yang menuntut anak atau orang tua yang penting copas print dariinternet orang tua tidak dapat berbuat banyakkarena ini tuntutan dalampembelajaran SD baik PAI ataupun mapel yang lain. Apalgi adanya Pkerejaan Rumah dari SD/MI membuat orang tua berdecak saya tidak mungkin bisa kerjakan atauminimal membantu dan ini benar-benar butuh les privat  danmencari tutor les privat sangat susah untukmencarinya.
Inilah problematika orang tua zaman sekarang bila dibiarkan berlarut-larut potensi anak akan kehilangan arah orientasi. Kita tidak mampu mengembangkan potensi yang terpendam dari sisi bakat,minat,intelektual,emosional dan spiritual.
Tapi disisilain kita berat sebagai orang tua berpisah denga anak yang masih kecil apalagi lulus TK langsung berpisah.sungguh ini berat tetapi tantangan anak ke depan lebih berat lagi

SOLUSI yang baik
Solusi yang baik adalah pengembangan segala sumber daya yang diabugrahkan Allah sesuai zamannya. Rumah Tahfidz Ash Shidiqiyah mencoba mengkolaborasikan kurikulum terpadu dimana anak tetap menghafal Al Quran, les privat,pendidikan diniyah, mau pengembangan otakkiri lewat sempoa juga bisa dan anak bisa ikut sekolah sepak bola ataupun pencak silat.
Model baru pengembangan pesantren alternative pelajar hafidz kamimenyebutnya AL Ternatif. Alternatif karena kami tetap mengembangakna pendidikan pesantren salaf dan disertai pengembangan potensi yang lain.
Di pendidikan diniyah yang terdiri dari 4 kelas kami memadukan kurikulumnasional dankurikulumlokal yang dikembangkan dari tahun 2006 sampai sekarang dengan evalusia yang terstruktu melihatout put sehingga lebih berkualitas, bermutu.
Perencanaan Peraturan Rumah Tahfidz Ash Shidiqiyah
1.       Berkewajban sekolah yang telah ditetapkanoleh pemerintah baiknegerimaupun swasta
2.       Taat pada peraturan sekolah
3.       Memakai busana muslim/muslimah didalam maupundiluar
4.       Wajib berjamaah dimushola khususkelas satu ketika sholat ashar wajib sholat ashar dengan suara yang jahr
5.       Taat pada peraturan pengasuh
6.       Melaporkan rapot les privat,rapot tahfidz untuk bimbingan berkelanjutan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar