T U G A S
RESUME MODUL
2
LANGKAH-LANGKAH
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Diajukan Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)
Program Strata 1 FKIP
Universitas Terbuka
Oleh Kelompok:
1. Mochammad Abdurochman (021508712)
2. Dewi Indrawati (021508389)
3. Mis’al (021508659)
4. Lutfiah (021512934)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PURWOKERTO
POKJAR KABUPATEN TEGAL
2014
TUGAS PTK
Soal: Rangkumlah dengan catatan rangkuman harus menjawab kompetensi yang
harus dikuasai seperti yang
tertulis di bawah ini:
MODUL 2 (LANGKAH-LANGKAH PTK)
Kompetensi
yang harus dikuasai/ mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
A.
Kegiatan belajar 1 ( rencana dan pelaksanaan
PTK).
1. Dapat menjelaskan tahapan PTK
yaitu merencanakan dan melakukan tindakan dengan langkah utama (mengidentifikasi masalah,
menganalisis dan merumuskan masalah, merencanakan PTK dan melaksanakan). Dengan
proses berdaur/siklus
(merencanakan, melakukan tindakan , mengamati dan melalakukan
refleksi).
Jawab:
Rencana dan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)
merencanakan
Refleksi melakukan
tindakan
Mengamati
Langkah
merencanakan merupakan langkah pertama dalam setiap kegiatan, melakukan
tindakan sebagai langkah yang kedua merupakan realisasi dan rencana yang kita
buat. Selanjutnya agar tindakan yang kita lakukan dapat ketahui kulitasnya,
kita perlu melakukan pengamatan. Jika pengamatan dilakukan selama proses
tindakan berlangsung, maka refleksi dilakukan setelah tindakan berakhir.
Merencanakan
dan melakukan PTK dengan 4 langkah utama yaitu:
Mengidentifikasi
masalah
Menganalisis
dan merumuskan masalah
Merencanakan
PTK
Melaksanakan
PTK
1.
Mengidentifikasi masalah
Untuk merencakan perbaikan terlebih dahulu perlu
dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah
identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri
sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Untuk mengidentifikasi masalah guru
dapat mengajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri.
a.
Apa yang terjadi di kelas saya?
b.
Masalah apa yangditimbulkan oleh kejadianitu?
c.
Apapengaruh masalah tersebut bagi kelas saya?
d.
Apa yang akanterjadi jika masalah tersebut saya
biarkan?
e.
Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah
tersebut atau memperbaiki situasi yang ada?
2.
Menganalisis dan merumuskan masalah
Setelah masalah teridentifikasi, kita perlu melakukan
analisis sehingga dapat merumuskan masalah dengan jelas. Masalah perlu
dianalisis dengan cara melakukan refleksi dan menelaah dokumen yang tekait.
Dan hasil analisis dipilih dan dirumuskan masalah yang
paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah dijabarkan secara
operasionaluntuk memandu usaha perbaikan.
3.
Merencanakan PTK
Langkah-langkah dalam menyusun rencana adalah sebagai
berikut:
a.
Rumuskan cara perbaikan yang akan ditempuh dalam
bentuk hipotesis tindakan yaitudugaanguru tentang cara terbaik untuk mengatasi
masalah.
b.
Analisis kelayakan hipotesis tidakan
Setelah menetapkan alternatif hipotesis yang terbaik,
hipotesis ini masih perlu dikaji kembali kelayakannya dikaitkan dengan
kemungkinan pelaksanaannya.
4.
Melaksanakan PTK
Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan
rencana pembelajaran dan scenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan
tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan,
mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi
pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, abservasi
dan interpretasi dilakukan secara stimutan. Actor utama adalah guru, namun guru
dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat.
Agar pelaksanaan tindakan sesuai kaidah PTK, perlu
diterapkan 6 kriteria berikut:
a.
Metodologi penelitian tidak mengganggu komitmen
sebagai pengajar
b.
Pengumpulan data tidak menyita waktu
c.
Metodologi realiabel (handal)
d.
Masalah yang ditangani guru sesuai dengan kemampuan
dan komitmennnya.
e.
Guru memperhatikan etika tugas
f.
PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah
2.
Menjelaskan cara-cara mengidentifikasikan masalah.
Pelaksanaan
tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan scenario
tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat
pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan
menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam
melaksanakan tindakan atau perbaikan, abservasi dan interpretasi dilakukan
secara stimutan. Actor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat
perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat.
Agar
pelaksanaan tindakan sesuai kaidah PTK, perlu diterapkan 6 kriteria berikut:
·
Metodologi penelitian tidak mengganggu komitmen
sebagai pengajar
·
Pengumpulan data tidak menyita waktu
·
Metodologi realiabel (handal)
·
Masalah yang ditangani guru sesuai dengan kemampuan
dan komitmennnya.
·
Guru memperhatikan etika tugas
·
PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah
3.
Merinci langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan.
Jawab:
Langkah-langkah
untuk merencanakan perbaikan adalah: berdasarkan masalah yang telah dirumuskan
guru perlu membuat renana tindakan yang sering disebut rencara perbaikan.
Langkah-langkah dalam menyusun rencara tersebut adalah sebagai berikut:
a. Melakukan
identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah, dalam bentuk
hipotesis tindakan yang dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri
sendiri tentang pembelajaran yang dikelolanya. Setelah teridentifikasi kemudia
masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi.
b. Analisis
kelayakan hipotesis tindakan
Maksudnya, setelah menetapkan alternative hipotesis yang terbaik,
hipotesis ini masih perlu dikaji kembali kelayakannya dikaitkan dengan
kemungkinan pelaksanaannya. Dengan kata lain guru harus bertanya
mungkinkah rencana tindakan tersebut dilaksanakan
4.
Menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan PTK.
Jawab:
Langkah-langkah
untuk merencanakan PTK adalah:
a. Langkah
pertama merencanakan, maksudnya dalam setiap kegiatan perbaikan tanpa rencana
kegiatan yang kita lakukan tidak terarah atau sembarangan, karena rencana
merupakan acuan dalam melaksanakan suatu tindakan
b. Langkah Kedua
yaitu, melakukan tindakan, yaitu merupakan realisasi dai rencana yang kita
buat. Tanpa tindakan rencana hanya merupakan angan-angan yang tidak pernah menunjukkan
kenyataan.
c. Langkah Ketiga yaitu
melakukan pengamatan, berdasarkan pengamatan ini kita akan dapat menentukan
hal-hal apa yang harus diperbaiki agar tindakan dapat mencapai tujuan yang kita
inginkan.
d. Langkah Keempat adalah
melakukan refleksi maksudnya setelah langkah 1, 2, dan 3 kita lakukan, kita
mencoba melihat/merenungkan kembali apa yang telah kita lakukan dan apa
dampaknya bagi proses belajar siswa.
Keempat langkah ini merupakan langkah yang bermutu:
artinya langkah pertama harus dilakukan terlebih dahulu sebelum langkah 2, 3,
dan 4 demikian seterusnya. Yang kemudian merupakan satu siklus yang harus
dikerjakan berulangkali.
B.
Kegiatan belajar 2 (pengumpulan dan analisis
data, serta tindak lanjut)
5.
Mendeskripsikan berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan
dan menganalisis data.
Pengumpulan
data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti observasi.
Catatan harian, rekaman, angket, wawancara serta analisis dokumen hasil
belajarsiswa.
Analisis data
dilakukan dengan menyelesaikan dan mengelompokkan data, memaparkan atau
mendiskripsikan data dalam bentuk naras, table dan atau grafik serta
menyimpulkan dalam bentuk pernyataan.
Berdasarkan
hasil analisis dilakukan refleksi yaitu renungan atau mengingat kembali atau
apa yang sudah berhasil dikerjakan.
6.
Menjelaskan langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.
Langkah-langkah dalam melaksanakan
tindak lanjut adalah jika ternyata tindakan perbaikan belum berhasil menjawab
masalah yang menjai kesiswaanguru, maka hasil analisis dan refleksi digunakan
untuk merencanakan kembali tindakan perbaikan, bahkan bila perlu dibuat rencana
guru. Jika ini terjadi, maka akan terdapat siklus 2 PTK yang langkah-langkahnya
tetap sama yaitu perumusan masalah. Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindaka,
observasi dan interprestasi serta analisis data dan refleksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar