Selasa, 28 Oktober 2014

RESUME MODUL 2





T U G A S

RESUME MODUL 2
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Program Strata 1 FKIP Universitas Terbuka



Oleh Kelompok:

1.     Mochammad Abdurochman          (021508712)
2.     Dewi Indrawati                      (021508389)
3.     Mis’al                                      (021508659)
4.     Lutfiah                                   (021512934)



ute.jpg











FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PURWOKERTO
POKJAR KABUPATEN TEGAL
2014
TUGAS PTK

Soal:  Rangkumlah dengan catatan rangkuman harus menjawab kompetensi yang harus dikuasai seperti yang tertulis di bawah ini:
MODUL 2 (LANGKAH-LANGKAH PTK)
Kompetensi yang harus dikuasai/ mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
A.        Kegiatan belajar 1 ( rencana dan pelaksanaan PTK).
1.      Dapat menjelaskan tahapan PTK yaitu merencanakan dan melakukan tindakan dengan  langkah utama (mengidentifikasi masalah, menganalisis dan merumuskan masalah, merencanakan PTK dan melaksanakan). Dengan proses berdaur/siklus
(merencanakan, melakukan tindakan , mengamati dan melalakukan refleksi).
Jawab:
Rencana dan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

                        merencanakan           
Refleksi                                               melakukan tindakan
                        Mengamati                

Langkah merencanakan merupakan langkah pertama dalam setiap kegiatan, melakukan tindakan sebagai langkah yang kedua merupakan realisasi dan rencana yang kita buat. Selanjutnya agar tindakan yang kita lakukan dapat ketahui kulitasnya, kita perlu melakukan pengamatan. Jika pengamatan dilakukan selama proses tindakan berlangsung, maka refleksi dilakukan setelah tindakan berakhir.

Merencanakan dan melakukan PTK dengan 4 langkah utama yaitu:
Mengidentifikasi masalah
Menganalisis dan merumuskan masalah
Merencanakan PTK
Melaksanakan PTK

1.      Mengidentifikasi masalah
Untuk merencakan perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Untuk mengidentifikasi masalah guru dapat mengajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri.
a.      Apa yang terjadi di kelas saya?
b.      Masalah apa yangditimbulkan oleh kejadianitu?
c.       Apapengaruh masalah tersebut bagi kelas saya?
d.      Apa yang akanterjadi jika masalah tersebut saya biarkan?
e.      Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada?
2.      Menganalisis dan merumuskan masalah
Setelah masalah teridentifikasi, kita perlu melakukan analisis sehingga dapat merumuskan masalah dengan jelas. Masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi dan menelaah dokumen yang tekait.
Dan hasil analisis dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah dijabarkan secara operasionaluntuk memandu usaha perbaikan.
3.      Merencanakan PTK
Langkah-langkah dalam menyusun rencana adalah sebagai berikut:
a.      Rumuskan cara perbaikan yang akan ditempuh dalam bentuk hipotesis tindakan yaitudugaanguru tentang cara terbaik untuk mengatasi masalah.
b.      Analisis kelayakan hipotesis tidakan
Setelah menetapkan alternatif hipotesis yang terbaik, hipotesis ini masih perlu dikaji kembali kelayakannya dikaitkan dengan kemungkinan pelaksanaannya.
4.      Melaksanakan PTK
Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan scenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, abservasi dan interpretasi dilakukan secara stimutan. Actor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat.
Agar pelaksanaan tindakan sesuai kaidah PTK, perlu diterapkan 6 kriteria berikut:
a.      Metodologi penelitian tidak mengganggu komitmen sebagai pengajar
b.      Pengumpulan data tidak menyita waktu
c.       Metodologi realiabel (handal)
d.      Masalah yang ditangani guru sesuai dengan kemampuan dan komitmennnya.
e.      Guru memperhatikan etika tugas
f.        PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah

2.      Menjelaskan cara-cara mengidentifikasikan masalah.
Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan scenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, abservasi dan interpretasi dilakukan secara stimutan. Actor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat.
Agar pelaksanaan tindakan sesuai kaidah PTK, perlu diterapkan 6 kriteria berikut:
·         Metodologi penelitian tidak mengganggu komitmen sebagai pengajar
·         Pengumpulan data tidak menyita waktu
·         Metodologi realiabel (handal)
·         Masalah yang ditangani guru sesuai dengan kemampuan dan komitmennnya.
·         Guru memperhatikan etika tugas
·         PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah

3.      Merinci langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan.
Jawab:
Langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan adalah: berdasarkan masalah yang telah dirumuskan guru perlu membuat renana tindakan yang sering disebut rencara perbaikan. Langkah-langkah dalam menyusun rencara tersebut adalah sebagai berikut:
a.      Melakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah, dalam bentuk hipotesis tindakan yang dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelolanya. Setelah teridentifikasi kemudia masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi.
b.      Analisis kelayakan hipotesis tindakan
Maksudnya, setelah menetapkan alternative hipotesis yang terbaik, hipotesis ini masih perlu dikaji kembali kelayakannya dikaitkan dengan kemungkinan pelaksanaannya. Dengan kata lain guru harus bertanya mungkinkah rencana tindakan tersebut dilaksanakan
4.      Menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan PTK.
Jawab:
Langkah-langkah untuk merencanakan PTK adalah:
a.      Langkah pertama merencanakan, maksudnya dalam setiap kegiatan perbaikan tanpa rencana kegiatan yang kita lakukan tidak terarah atau sembarangan, karena rencana merupakan acuan dalam melaksanakan suatu tindakan
b.      Langkah Kedua yaitu, melakukan tindakan, yaitu merupakan realisasi dai rencana yang kita buat. Tanpa tindakan rencana hanya merupakan angan-angan yang tidak pernah menunjukkan kenyataan.
c.       Langkah Ketiga yaitu melakukan pengamatan, berdasarkan pengamatan ini kita akan dapat menentukan hal-hal apa yang harus diperbaiki agar tindakan dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.
d.      Langkah Keempat adalah melakukan refleksi maksudnya setelah langkah 1, 2, dan 3 kita lakukan, kita mencoba melihat/merenungkan kembali apa yang telah kita lakukan dan apa dampaknya bagi proses belajar siswa.
Keempat langkah ini merupakan langkah yang bermutu: artinya langkah pertama harus dilakukan terlebih dahulu sebelum langkah 2, 3, dan 4 demikian seterusnya. Yang kemudian merupakan satu siklus yang harus dikerjakan berulangkali.

B.        Kegiatan belajar 2 (pengumpulan dan analisis data, serta tindak lanjut)
5.      Mendeskripsikan berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
Pengumpulan data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti observasi. Catatan harian, rekaman, angket, wawancara serta analisis dokumen hasil belajarsiswa.
Analisis data dilakukan dengan menyelesaikan dan mengelompokkan data, memaparkan atau mendiskripsikan data dalam bentuk naras, table dan atau grafik serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan.
Berdasarkan hasil analisis dilakukan refleksi yaitu renungan atau mengingat kembali atau apa yang sudah berhasil dikerjakan.
6.      Menjelaskan langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.
Langkah-langkah dalam melaksanakan tindak lanjut adalah jika ternyata tindakan perbaikan belum berhasil menjawab masalah yang menjai kesiswaanguru, maka hasil analisis dan refleksi digunakan untuk merencanakan kembali tindakan perbaikan, bahkan bila perlu dibuat rencana guru. Jika ini terjadi, maka akan terdapat siklus 2 PTK yang langkah-langkahnya tetap sama yaitu perumusan masalah. Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindaka, observasi dan interprestasi serta analisis data dan refleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar