KELOMPOK 5 :
M. HADI NIM 021509137
ENDAH ISMULYASIH NIM 021513176
INTAN ZULAEKHA NIM 021508404
MODUL 5 ( MENGANALISIS DAN MENGINTREPRETASIKAN DATA SERTA
MENINDAKLANJUTI HASIL PTK)
Kompetensi
yang harus dikuasai/ mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
A. Kegiatan belajar 1 (Analisis, Penyajian dan interpretasi
data)
1.
Menganalisis data PTK
Analisis
data secara akumulatif (keseluruhan) pada akhir penelitian, yaitu setelah satu
paket perbaikan selesai dilaksanakan, namun pada setiap akhir daur perbaikan
data juga perlu dianalisis agar dapat menginterpretasikan hasil perbaikan pada
setiap daur.
Data
yang dikumpulkan dalam PTK merupakan data kualitatif, karena analisis data
dilakukan secara kualitatif-deskriptif, sehingga hasil analisis dapat
memperkirakan tingkat keberhasilan guru. Analisis dapat dilakukan bersama
teman.
Langkah-langkah
analis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan data yang
ada, merangkumnya kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca dan dipahami.
2. Menyajikan hasil analisis data
Data
kuantitatif dianalisis dengan statistic deskriptif untuk menemukan persentase
dan nilai rata-rata. Penyajian hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat
tabel distribusi atau grafik.
Sajian
hasil analisis harus lebih bermakna dan lebih mudah ditafsirkan.
3. Menginterpretasikan hasil
analisis
Interpretasi
data sebagai upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan
untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Interpretasi
bila dibuat secara tepat dapat diambil kesimpulan yang sesuai dengan apa yang
terjadi.
Tujuan utama
melakukan analisis, penyajian dan interpretasi data adalah dapat menjawab
pertanyaan penelitian.
B. Kegiatan belajar 2 ( kesimpulan dan tindak lanjut hasil PTK )
4. Menyimpulkan hasil PTK
Menyimpulkan
adalah mengikhtisarkan atau member pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan
sebelumnya.
Kesimpulan
adalah kesudahan pendapat / pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian
sebelumnya.
Cirri-ciri
kesimpulan
a. singkat,
jelas, dan padat
b. kesimpulan
harus sesuai dengan uraian
c. kesimpulan
harus dibuat sesuai dengan tujuan perbaikan atau pertanyaan penelitian
d. ksimpulan
harus disusun secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian /
tujuan perbaikan
Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
a. Memeriksa dan
memahami pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan
b. Mencermati,
menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan
c. Menulis
kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan
d. Mengurutkan
setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian / tujuan
perbaikan
e. Memeriksa
kesesuaian antara pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan dengan deskripsi
temuan, dan kesimpulan
5. Menindaklanjuti hasil PTK
Untuk
menindaklanjuti Penelitian Tindakan Kelas dituangkan dalam bentuk saran yang
ditujukan kepada berbagai pihak yang terkait. Saran harus dibuat secara jelas
dan operasional agar benar-benar dapat dilaksanakan, yaitu yang memenuhi
rabu-rambu sebagai berikut :
1. Saran harus
sesuai dengan kesimpulan
2. Saran harus
mempunyai sasaran yang jelas
3. Untuk
menindaklanjuti PTK saran sebaiknya bersifat komplit dan operasional
4. Saran harus
mempertimbangkan metodologi atau prosedur penelitian yang dilaksanakan
5. Saran harus
merupakan pemikiran yang cukup penting untuk memperbaiki pembelajaran
Langkah-langkah membuat saran :
1. Mencermati
kesimpulan hasil PTK
2. Mengkaji
aspek-aspek dari kesimpulan yang perlu ditindaklanjuti
3. Menetapkan
kepada siapa saran akan ditujukan
4. Menulis saran
makasih . . .
BalasHapustrimakasih
BalasHapusTerima kasih banyak....sangat membantu rangkuman ini...
BalasHapusterimakasih banyak
BalasHapusTerimakasih aku tinggal copy paste deh
BalasHapusterima kasih sangat membatu,, semoga menjadi ladang amal dan kebaikan. aamiin
BalasHapus