Selasa, 28 Oktober 2014

MODUL 5 ( MENGANALISIS DAN MENGINTREPRETASIKAN DATA SERTA MENINDAKLANJUTI HASIL PTK)



KELOMPOK 5 :
M. HADI    NIM 021509137
ENDAH ISMULYASIH   NIM 021513176
INTAN ZULAEKHA   NIM 021508404
MODUL 5 ( MENGANALISIS DAN MENGINTREPRETASIKAN DATA SERTA MENINDAKLANJUTI HASIL PTK)
Kompetensi yang harus dikuasai/ mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :

A. Kegiatan belajar 1 (Analisis, Penyajian dan interpretasi data)
1. Menganalisis data PTK
Analisis data secara akumulatif (keseluruhan) pada akhir penelitian, yaitu setelah satu paket perbaikan selesai dilaksanakan, namun pada setiap akhir daur perbaikan data juga perlu dianalisis agar dapat menginterpretasikan hasil perbaikan pada setiap daur.
Data yang dikumpulkan dalam PTK merupakan data kualitatif, karena analisis data dilakukan secara kualitatif-deskriptif, sehingga hasil analisis dapat memperkirakan tingkat keberhasilan guru. Analisis dapat dilakukan bersama teman.
Langkah-langkah analis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan data yang ada, merangkumnya kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca dan dipahami.
2. Menyajikan hasil analisis data
Data kuantitatif dianalisis dengan statistic deskriptif untuk menemukan persentase dan nilai rata-rata. Penyajian hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.
Sajian hasil analisis harus lebih bermakna dan lebih mudah ditafsirkan.
3. Menginterpretasikan hasil analisis
Interpretasi data sebagai upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Interpretasi bila dibuat secara tepat dapat diambil kesimpulan yang sesuai dengan apa yang terjadi.
Tujuan utama melakukan analisis, penyajian dan interpretasi data adalah dapat menjawab pertanyaan penelitian.
B. Kegiatan belajar 2 ( kesimpulan dan tindak lanjut hasil PTK )
4. Menyimpulkan hasil PTK
Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau member pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya.
Kesimpulan adalah kesudahan pendapat / pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian sebelumnya.
Cirri-ciri kesimpulan
a.      singkat, jelas, dan padat
b.      kesimpulan harus sesuai dengan uraian
c.       kesimpulan harus dibuat sesuai dengan tujuan perbaikan atau pertanyaan penelitian
d.      ksimpulan harus disusun secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan
Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
a.      Memeriksa dan memahami pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan
b.      Mencermati, menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan
c.       Menulis kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan
d.      Mengurutkan setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan
e.      Memeriksa kesesuaian antara pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan, dan kesimpulan
5. Menindaklanjuti hasil PTK
Untuk menindaklanjuti Penelitian Tindakan Kelas dituangkan dalam bentuk saran yang ditujukan kepada berbagai pihak yang terkait. Saran harus dibuat secara jelas dan operasional agar benar-benar dapat dilaksanakan, yaitu yang memenuhi rabu-rambu sebagai berikut :
1.      Saran harus sesuai dengan kesimpulan
2.      Saran harus mempunyai sasaran yang jelas
3.      Untuk menindaklanjuti PTK saran sebaiknya bersifat komplit dan operasional
4.      Saran harus mempertimbangkan metodologi atau prosedur penelitian yang dilaksanakan
5.      Saran harus merupakan pemikiran yang cukup penting untuk memperbaiki pembelajaran
Langkah-langkah membuat saran :
1.      Mencermati kesimpulan hasil PTK
2.      Mengkaji aspek-aspek dari kesimpulan yang perlu ditindaklanjuti
3.      Menetapkan kepada siapa saran akan ditujukan
4.      Menulis saran

6 komentar: